Sabtu, 24 Maret 2012

Algoritma Pemrograman - Refleksi Pertemuan 3 ( Struktur Pemilihan)

Algoritma Pemrograman - Refleksi Pertemuan 3 ( Struktur Pemilihan) | Pada kesempatan ini saya akan membahas soal Pemilihan lebih lengkapnya sih Struktur Pemilihan. Di pertemuan ke tiga ini dijelaskan contoh-contoh dan apa itu  struktur pemilihan atau bisa disebut dengan bahasa kerennya kontrol program. Dalam kehidupan sehari-hari juga akan selalu menggunakan pemilihan untuk memilih alternatif. Seperti contoh apabila kita akan bepergian ke suatu tempat ambil contoh kita berpergian dari jogja ke jakarta. Nah dari contoh di atas mana sih pemilihannya? pemilihanya itu ada di perjalanannya atau rute, rute mana yang akan kita ambil apakah rute jalur utara atau selatan yang kana kita lalui, oleh karena itu disini kita harus memilih salah satu apakah kita mengambil rute utara atau malah rute selatan, inilah yang disebut pemilihan.
Dari tadi udah ngobrol kemana2 tapi sebenernya apa sih pemilihan itu sendiri? Pemilihan itu sesuatau yang kita pilih dari beberapa pilihan yang ada. Ada juga ketentuan yang pasti ada di suatu pemilihan :
  1. Harus terpenuhinya keduanya ( dan )
  2. Boleh salah satu ( atau )
Seperti pada pembahasan dosen yang saya terima yaitu menentukan hari dari inputan nomor dari keyboard, misal kita inputkan kode hari "2" maka akan muncul "hari selasa". Program yang akan dibuat haruslah bisa memilih dari kode hari ke output yang semestinya. Untuk lebih jelasnya saya cantumkan juga contoh alogaritma yang saya buat di raptor :

Di atas adalah flowchart untuk nonversi hari.

Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites