Algoritma Pemograman - Flowchat dan Program Akar Persamaan Kuadrat | Postingan kali ini saya share tentang Permasalahan Akar Persamaan Kuadrat. Ketentuan yang harus dipenuhi yaitu :
Dari Flochart diatas kita masukan ke salah satu kompiler, disini saya menggunakan dev C++ :
- Dengan bentuk umum persamaan kuadrat Ax2 + Bx + C = 0, A tidak samadengan 0.
- B 2-4AC < 0 akan diperoleh akar imajiner.
- Input : Koefisien A, B dan C. harus bilangan real.
- Proses : ada 3 alternatif ; B 2-4AC, yaitu harganya 0, positif dan negatif.
- Output : Nilai akar berdasarkan rumus.
Dari Flochart diatas kita masukan ke salah satu kompiler, disini saya menggunakan dev C++ :
#include <iostream> #include <string> using namespace std; int main() { string raptor_prompt_variable_zzyz; int hasil; float x2; float x1; float b; float c; float disk; float a; cout << "Bentuk Persamaannya " << endl; cout << "Ax^2 + Bx + C = 0" << endl; while (1) { raptor_prompt_variable_zzyz ="Masukan Niali A : "; cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl; cin >> a; raptor_prompt_variable_zzyz ="Masukan Niali B : "; cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl; cin >> b; raptor_prompt_variable_zzyz ="Masukan Niali C : "; cout << raptor_prompt_variable_zzyz << endl; cin >> c; if (a>0 || a<0) break; cout << "Bukan persamaan kuadrat" << endl; } disk =(b^2)-(4*a*c); if (disk<0) { hasil ="akar imajiner"; } else { if (disk==0) { x1 =-b/2*a; x2 =x1; } else { x1 =-b+sqrt(disk)/2*a; x2 =-b-sqrt(disk)/2*a; } hasil =x1<<" dan "<<x2; } cout << hasil << endl; return 0; } |
0 komentar:
Posting Komentar